Jumat, 25 Januari 2013

Reverensi Seputar TIK dan Ujian


Download Buku/Materi Pelajaran TIK, soal-soal ulangan harian, Ulangan Tengah Semester (UTS dan Ulangan Akhir Semester (UAS) Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SMP dan SMA, berikut adalah linknya :


Materi Pelajaran TIK SMA

Ulangan TIK SMA

Kelas 10
Kelas 11
Kelas 12

Ulangan TIK SMP

Kelas 7
  • Ulangan Mid Semester 1 2008/2009 [ Download Soal ]
  • Ulangan UAS Semester 1 2008/2009 [ Download Soal ]
  • Ulangan Mid Semester 2 2008/2009 [ Download Soal ]
  • Ulangan UAS Semester 2 2008/2009 [ Download Soal ]

Materi Pelajaran SMA

Kelas 10 :

Kelas 11 :

Kelas 12 :

Materi TIK Kelas X

Materi TIK kelas X tahun ajaran 2012/2013, mengacu kepada Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP) Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa.
KTPS Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa dimaksudkan untuk terciptanya pendidikan yang mengedepankan budaya yang dimiliki Indonesia sehingga menciptakan generasi yang mengetahui budaya bangsa sendiri dan membanggakannya.
Materi TIK yang akan dipelajari di tahun ajaran 2012/2013 :
Semester Ganjil
  1. Melakukan Operasi Dasar Komputer dibahas mengenai sejarah perkembangan komputer, prosedur menghidupkan dan mematikan komputer dengan benar, komponen hardware, software dan brainware
  2. Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi materi yang dibahas meliput fungsi dan proses kerja komputer serta peralatan pendukungnya, menjelaskan fungsi dan cara kerja peralatan TIK serta jaringan TIK
  3. Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dibahas mengenai UU TIK, etika dan penggunaan
  4. Menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi, menggunakan aplikasi pembuat presentasi seperti Microsoft Power Point
Semester Genap
  1. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata
  2. Bahasa pemrograman pascal
Karakter yang diciptakan adalah kerja keras, disiplin, rasa ingin tahu, gemar membaca, kreative, menghargai prestasi orang lain, cinta tanah air, tanggungjawab, bersahabat, cinta damai.
Download Materi, Download Silabus, Download Modul
http://vianneymtb.wordpress.com/modul/kelas-x/referensi/
Referensi wesbsite : BSE kemendiknas , Belajar Kemendiknas 

Bahan Pengajaran SMK

Disini Guru dan Siswa dapat mendownload bahan materi yang dipelajari di SMK
DAFTAR MODUL KKPI :
1. Modul 1
2. Modul 2
3. Modul 3
4. Modul 4
5. Modul 5
6. Modul 6
7. Modul 7
8. Modul 8
9. Modul 9
DAFTAR MODUL TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK :
1 Menginstalasi PC
2 Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan periferal
3 Melakukan perbaikan dan atau setting ulang sistem PC
4 Melakukan perawatan periferal
5 Melakukan perawatan PC
6 Melakukan perbaikan periferal
7 Menginstalasi sistem operasi berbasis text
8 Menginstalasi sistem operasi berbasis GUI
9 Menginstalasi software
10 Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis text
11 Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis GUI
12 Menginstalasi perangkat jaringan lokal (LAN)
13 Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC yg tersambung jaringan
14 Melakukan perbaikan dan atau setting ulang koneksi jaringan
15 Menginstalasi perangkat jaringan berbasis luas (WAN)
16 Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan berbasis luas (WAN)
17 Mengadministrasi server dalam jaringan
18 Merancang bangun dan menganalisa Wide Area Network (WAN)
19 Teknik Elektronika Analog dan Digital Dasar

Rekaya Perangkat Lunak X

Kali ini saya akan share tentang pembelajaran materi seputar RPL(Rekayasa Perangkat Lunak) di SMK,Yaitu tentang :
 1. BASIS DATA (DATABASE SISTEM)






- Download Materi DB (Basis Data).pdf
- Download MaterDB ( Basis Data).doc [Pak Gustav]
                   
2. PENGERTIAN OS ( OPERATING SYESTEM/ SISTEM OPERASI)


- Download Materi OS.pdf

3. TENTANG K3 ( KESEHATAN,KESELAMATAN,KERJA) ..

- Download Materi K3.ppt

Modul Tutorial Photoshop

Modul Photoshop

PS
Ingin sedikit berbagi materi dari Kelas Desain Grafis Infinity, Modul menggunakan Photoshop CS 3, namun bisa juga dipake di photoshop versi terbaru
1. Modul 1
Isi : Teknik Dasar Photoshop, [Tutorial] Membuat Mobil Seolah2 bergerak
Download : http://www.4shared.com/file/N0p1fsvB/modul_1_desain_grafis.html
2. Modul 2
Isi : Menghilangkan kerut/jerawat di wajah, Menghaluskan Wajah, Tutorial hewan Zebradak
Download : http://www.4shared.com/file/9mrgWahg/modul_2.html

3. Modul 3
Isi:Membuat Objek Keluar Gambar, Membuat Efek Letterpress
Donwload : http://www.4shared.com/file/n3hTzq__/modul_3.html
4. Modul 4
Isi : Membuat efek embun, membuat tatto realistik, membuat efek davehill
download : http://www.4shared.com/file/5pS1cy85/modul_4.html

Modul Visual Basic

Tutorial Visual Basic 6 Bahasa Indonesia.pdf

24 Des
Visual Basic 6, atau disingkat VB6 bagi anda yang ingin belajar menjadi programmer namun mengalami kesulitan, disinilah tempat yang anda cari. Pada posting kali ini saya ingin menuliskan Tutorial VB 6 yang mungkin bisa membantu. Langsung saja bisa di klik link di bawah ini untuk download :
  1. Tutorial VB6 Bab Intoduction.pdf
  2. Tutorial VB6 Bab 01.pdf
  3. Tutorial VB6 Bab 02.pdf
  4. Tutorial VB6 Bab 03.pdf
  5. Tutorial VB6 Bab 04.pdf
  6. Tutorial VB6 Bab 05.pdf
  7. Tutorial VB6 Bab 06.pdf
  8. Tutorial VB6 Bab 07.pdf
  9. Tutorial VB6 Bab 08.pdf
  10. Tutorial VB6 Bab 09.pdf
  11. Tutorial VB6 Bab 10.pdf
  12. Tutorial VB6 Bab 11.pdf
  13. Tutorial VB6 Bab 12.pdf
  14. Tutorial VB6 Bab 13.pdf
  15. Modul Visual Basic 6.0
Mungkin terlalu aneh bagi anda kenapa tutorialnya banyak banget, soalnya itu saya bagi menjadi per bab, atau sub pokok materi. Jadi insyaallah sespesifik mungkin saya membuatnya.  Kalau anda masih ragu, silahkan download 5 atau 7 file pdf dari 1 sampai 5 atau 7, saya pastikan itu urut per bab.
Semoga bermanfaat dan bisa membantu ya..
Good Luck ea ;)



Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer - Sistem jaringan komputer adalah gabungan atau kumpulan dari beberapa komputer yang dapat diakses secara bersama – sama (seperti floopy disk, CD-ROM, printer, dan sebagainya), dan dapat berhubungan dengan komputer induk sistem lainnya yang letaknya berjauhan.

Adapun komunikasi data dapat diartikan pengiriman data secara elektronik dari satu tempat ke tempat lain melalui suatu media komunikasi, dan data yang dikirimkan tersebut merupakan hasil atau akan diproses oleh suatu sistem komputer.

Sistem jaringan dapat memiliki peralatan pada komputer server untuk dipakai secara bersama dengan komputer client-nya. Namun pada setiap komputer lokal dapat juga dipasang peralatan khusus untuk keperluan komputer lokal tersebut.


Dalam jaringan ada tiga komponen utama yang harus dipahami, yaitu :
  • Host atau node, yaitu sistem komputer yang berfungsi sebagai sumber atau penerima dari data yang dikirimkan. Node ini dapat berupa:
    • Server : komputer tempat penyimpanan data dan program-program aplikasi yang digunakan dalam jaringan,
    • Client : komputer yang dapat mengakses sumber daya (berupa data dan program aplikasi) yang ada pada server,
    • Shared pheriperal : peralatan-peralatan yang terhubung dan digunakan dalam jaringan (misalnya, printer, scanner, harddisk, modem, dan lain-lain).
  • Link, adalah media komunikasi yang menghubungkan antara node yang satu dengan node lainnya. Media ini dapat berupa saluran transmisi kabel dan tanpa kabel,
  • Software (Perangkat Lunak), yaitu program yang mengatur dan mengelola jaringan secara keseluruhan. Termasuk di dalamnya sistem operasi jaringan yang berfungsi sebagai pengatur komunikasi data dan periferal dalam jaringan.
Ada beberapa tipe jaringan komputer yang umumnya digunakan. Berikut ini beberapa klasifikasi tipe jaringan komputer yang ada :
1.    Berdasarkan letak geografis
  • Local Area Network (LAN), jaringan ini berada pada satu bangunan atau lokasi yang sama, dengan kecepatan transmisi data yang tinggi (mulai dari 10 Mbps ke atas), dan menggunakan peralatan tambahan seperti repeater, hub, dan sebagainya.
  • Metropolitan Area Network (MAN), jaringan ini merupakan gabungan beberapa LAN yang terletak pada satu kota(jangkauan 50-75 mil) yang dihubungkan dengan kabel khusus atau melalui saluran telepon, dengan kecepatan transmisi antara 56 Kbps sampai 1 Mbps, dan menggunakan peralatan seperti router, telepon, ATM switch, dan antena parabola.
  • Wide Area Network (WAN), jaringan ini merupakan gabungan dari komputer LAN atau MAN yang ada di seluruh permukaan bumi ini yang dihubungkan dengan saluran telepon, gelombang elektromagnetik, atau satelit; dengan kecepatan transmisi yang lebih lambat dari 2 jenis jaringan sebelumnya, dan menggunakan peralatan seperti router, modem, WAN switches..
2.    Berdasarkan arsitektur jaringan
  • jaringan peer to peer
  • jaringan berbasis server (server-based network/server-client network)
  • jaringan hibrid.
(Bagian ini akan dibahas lebih lanjut pada bahasan selanjutnya)
3.    Berdasarkan teknologi transmisi
  • Jaringan switch, merupakan jaringan yang penyampaian informasi dari pengirim ke penerima melalui mesin-mesin perantara atau saluran telepon,
  • Jaringan broadcast, merupakan jaringan yang penyampaian informasi dari pengirim ke penerima dilakukan secara broadcast (disiarkan ke segala arah) baik melalui saluran kabel maupun saluran tanpa kabel.
Beberapa komponen dasar yang biasanya membentuk suatu LAN adalah sebagai berikut:
1.    Workstation
Dalam jaringan, workstation sebenarnya adalah node atau host yang berupa suatu sistem komputer. User berhubungan dengan jaringan melalui workstation dan juga saling berkomunikasi seperti saling bertukar data. User juga dapat mengakses program aplikasi pada workstation yang dapat bekerja sendiri di workstation (stand-alone) itu sendiri ataupun menggunakan jaringan untuk saling berbagi informasi dengan workstation atau user lain.
Workstation dapat berfungsi sebagai :
a.    Server
Sesuai dengan namanya, ini adalah perangkat keras yang berfungsi untuk melayani jaringan dan klien yang terhubung pada jaringan tersebut. Server dapat berupa sistem komputer yang khusus dibuat untuk keperluan tertentu, seperti untuk penggunaan printer secara bersama (print server), untuk hubungan eksternal LAN ke jaringan lain (communication server), dan file server yakni disk yang digunakan secara bersama oleh beberapa klien. Server ini tidak dapat digunakan sebagai klien, karena baik secara hardware maupun software, ia hanya berfungsi untuk mengelola jaringan.

Ada pula server yang berupa workstation dengan disk drive yang cukup besar kapasitasnya, sehingga server tersebut dapat juga digunakan sebagai workstation oleh user.
b.    Client (klien)
Sebuah workstation umumnya berfungsi sebagai klien dari suatu server, karena memang workstation akan menggunakan fasilitas yang diberikan oleh suatu server. Jadi, server melayani, sedangkan klien dilayani.
2.    Link
Link atau hubungan dalam Jaringan Lokal dikenal sebagai media transmisi berupa kabel maupun tanpa kabel, yang secara fisik menghubungkan server dan klien.
3.    Transceiver
Transceiver (transmitter-receiver) merupakan perangkat keras yang menghubungkan workstation atau sistem komputer dengan media transmisi .
4.    Kartu Jaringan (Network Interface Card / NIC)
Kartu jaringan ini adalah kartu yang dipasang pada PC yang mengendalikan pertukaran data antarworkstation yang ada dalam jaringan lokal. Setiap workstation harus dilengkapi dengan NIC yang secara fisik terhubung langsung dengan bus internal dari PC.
5.    Perangkat Lunak Jaringan
Perangkat lunak jaringan mencakup:
  • sistem operasi LAN,
  • perangkat lunak aplikasi,
  • perangkat lunak pemrograman, dan
  • program utiliti.
Perangkat lunak ini sangat penting dan mutlak untuk memungkinkan komunikasi antara sistem komputer yang satu dengan sistem komputer lainnya. Tanpa perangkat lunak ini, jaringan tidak akan berfungsi. Sistem komputer dengan LAN dapat menjalankan semua perangkat lunak aplikasi yang dapat berjalan pada stand-alone PC.


Arsitektur Jaringan Komputer

Arsitektur jaringan komputer merupakan tata cara penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak dalam jaringan agar satu komputer dengan komputer lainnya dapat melakukan komunikasi dan pertukaran data.


Ada tiga bentuk arsitektur yang umum digunakan dalam jaringan komputer:
1.    Jaringan peer to peer
Pada jaringan peer to peer (Gambar 2.2.), semua komputer memiliki posisi setara/sejajar, dalam hierarki yang sama. Setiap komputer dapat menjadi klien terhadap komputer peer lainnya, setiap komputer dapat pula berbagi sumber daya dengan komputer yang berada dalam jaringan peer-to-peer ini. Sumber daya diletakkan secara desentralisasi pada setiap anggota jaringan, dan tidak memerlukan administrator jaringan.

Aliran informasi bisa mengalir di antara dua komputer secara langsung, di mana pun. Namun, jaringan ini tidak sepenuhnya bebas tanpa kontrol, masih bisa digunakan password untuk memproteksi file dan folder, dapat juga diatur agar orang-orang tertentu tidak bisa menggunakan periferal tertentu.

Karena kemudahan pemasangan, pemeliharaan, serta biaya, jaringan ini lebih populer untuk jaringan dengan jumlah komputer yang sedikit (sekitar 2 sampai 20 komputer).

Sifat jaringan peer to peer digunakan untuk hubungan antara setiap komputer yang terhubung dalam jaringan komputer yang ada, sehingga komunikasi data terjadi antar komputer dengan hierarki yang sama karena setiap komputer dapat berfungsi sebagai server maupun klien.
Jaringan peer-to-peer
Gambar  Jaringan peer-to-peer
2.    Jaringan client/server

Pada jaringan client/server (Gambar 2.3.), perangkat lunak yang mengontrol keseluruhan kerja jaringan berada pada server. Jaringan ini dapat menghubungkan ratusan komputer dengan tingkat keamanan yang tidak dimungkinkan dalam jaringan peer-to-peer.

Jaringan ini bisa diatur sehingga setiap klien harus log on ke server sebelum bisa memanfaatkan sumber daya yang terhubung ke server. Server lalu mengotentikasi klien dan memverifikasi bahwa komputer yang digunakan klien tersebut memiliki izin untuk log on ke jaringan, dengan memeriksa username dan password klien tersebut terhadap database pada server.

Jaringan client/server
Gambar Jaringan client/server
3.    Jaringan hybrid
Jaringan ini merupakan gabungan dari sifat pada jaringan peer to peer dan client/server. Workgroup yang terdiri dari beberapa komputer yang saling terhubung dapat mengelola sumber daya tanpa membutuhkan otorisasi dari administrator jaringan atau server. Pada jenis jaringan ini, terdapat pula sifat dari jaringan client/server sedemikian sehingga tingkat keamanan dapat lebih terjaga dan adanya server yang mempunyai suatu fungsi layanan tertentu, seperti sebagai file server, print server, database server, mail server, dan lainnya. Pengertian Jaringan Komputer

Membuat algoritma pemograman tingkat lanjut

Materi Algoritma pemrograman tingkat lanjut ( fungsi, prosedur dan pencarian )

Posted by AROH ( SMKN 10 JAKARTA ) 13.20, under | 11 comments

Pengertian Fungsi
Fungsi merupakan suatu bagian dari program yang dimaksudkan untuk mengerjakan suatu tugas tertentu dan letaknya terpisah dari program yang memanggilnya. Fungsi merupakan elemen utama dalam bahasa C karena bahasa C sendiri terbentuk dari kumpulan fungsi-fungsi. Dalam setiap program bahasa C, minimal terdapat satu fungsi yaitu fungsi main(). Fungsi banyak diterapkan dalam program-program C yang terstruktur. Keuntungan penggunaan fungsi dalam program yaitu program akan memiliki struktur yang jelas (mempunyai readability yang tinggi) dan juga akan menghindari penulisan bagian program yang sama. Dalam bahasa C fungsi dapat dibagi menjadi dua, yaitu fungsi pustaka atau fungsi yang telah tersedia dalam C++ dan fungsi yang didefinisikan atau dibuat oleh programmer.


PENCARIAN (SEARCHING)
Pencarian (Searching) merupakan proses yang fundamental dalam pemrograman, guna menemukan data (nilai) tertentu di dalam sekumpulan data yang bertipe sama. Fungsi pencarian itu sendiri adalah untuk memvalidasi (mencocokkan) data. Sebagai contoh, untuk menghapus atau mengubah sebuah data di dalam sekumpulan nilai, langkah pertama yang harus di tempuh adalah mencari data tersebut, lalu menghapus atau mengubahnya. Contoh lain adalah penyisipan data ke dalam kumpulan data, jika data telah ada, maka data tersebut tidak akan disisipkan, selainnya akan disisipkan ke kumpulan data tersebut.
Untuk Materi Algoritma TIngkat Lanjutan Dapa Anda Download di bawah ini:
DIsini
Disini

Algoritma Pemrograman Tingkat Dasar

Algoritma Pemrograman Tingkat Dasar
Modul Algoritma Tingkat Dasar

Tutorial Ms. access

Tutorial Ms. Acsess

Ms. Acsess


Pengenalan Microsoft Access

 Definisi Microsoft Access adalah program pengolah basis data atau  database management system  (DBMS) berbasis windows yang masuk dalam keluarga Microsoft Office. Berbagai fasilitas yang disediakan pada Microsoft Access akan sangat membantu dalam proses pembuatan dan  penyajian data menjadi sebuah informasi penting secara akurat dan efisien. Versi terbaru Microsoft Acces telah mengalami berbagai penyempurnaan dari versi sebelumnya.

Konsep Database
Basis data (database) adalah kumpulan data dan segala sesuatu yang berhubungan dengan satu topik tertentu, contoh sederhana adalah sebuah buku notes kecil yang berisi daftar nama dan berbagai komponen lain yang terkait dengan nama tersebut. Apabila data yang kita  miliki hanya  ratusan bahkan puluhan, mungkin kita tidak memerlukan sebuah program pengolah data. Namun data yang mencapai ribuah bahkan jutaan akan mengalami kesulitan dalam pengaturan dan pengelompokan bahkan untuk mendapatkan sebuah
nomor yang kita perlukan secara cepat dan akurat akan sangat sulit tanpa adanya sebuah program pengolah data. 
Membuat Database Baru
Pertama-tama jalankan Access dengan klik pada Star --> All Program -->> Microsoft Access atau klik ganda pada icon Access yang tampil pada layar desktop dengan simbol  , hingga muncul tampilan pertama Microsoft Access. Untuk membuat
database baru klik ganda pada Blank Database hingga muncul kotak dialog File New database seperti berikut :  
Selanjutnya ketikkan nama database anda dalam kolom file name, kemudian klik
create hingga muncul dialog seperti berikut :
 
Gambar di atas adalah tampilan beberapa komponen dan objek yang terdapat
dalam Ms Access.
Membuat Table
  Klik ganda pada Create Table in Design View, hingga muncul dialog berikut :
 

  • Ketikkan nama field yang diinginkan pada kolom FIELD NAME, misal : NIS 
  • Tekan Enter atau TAB untuk pindah ke kolom Data Type, tentukan jenisdata untuk field name tersebut, misalnya : TEXT.
  • Tentukan field propertiesnya dari jendela  FIELD PROPERTIES  pada tabGENERAL yang ada di bawahnya.
Field Name
Adalah nama field yang akan  digunakan untuk menyimpan data sejenis, nama field ini dapat dibuat maksimal 64 karakter termasuk spasi. Nama field dapat berupa kombinasi antara huruf ,angka, spasi dan karakter khusus kecuali titik (.), tanda seru (!), tanda petik (“), tanda kurung besar ([]) dan spasi pada awal penulisan nama field.
Data Type
Data type  (tipe data) digunakan untuk menentukan jenis data yang akan disimpan ke dalam field. Data Type  Keterangan Text  Untuk  menyimpan  data seperti nama, alamat atau bilangan yang tidak digunakan untuk perhitungan dengan panjang maksimal 255 karakter 
Memo  Untuk  menyimpan  data text yang panjangnya lebih dari 255 karakter hingga panjang maksimal 64.000 karakter 
Number  Untuk menyimpan data angka perhitungan Date/Time  Untuk menyimpan data tanggal dan waktu Currency  Untuk menyimpan bilangan. Kelebihan dari type ini adalah bilangan tidak akan terkena pembulatan saat ada perhitungan. Field Currency akurat sampai 15 digit di belakang koma dan 4 digit di depan koma
AutoNumber  Untuk pembuatan field yang secara otomatis akan memasukkan bilangan pada saat menambahkan sebuah record. Field AutoNumber akan menghasilakn tiga macam bilangan, yaitu bilangan urut, bilangan acak dan bilangan replication ID.
Yes/No  Untuk menyimpan data yang mempunyai nilai logika Yes dan No Ole Object  Berisi gambar atau objek dengan maksimalm 128 Mb Hyperlink  Berisi kombinasi teks dan angka yang terdiri dari 3 bagian yang dimanfaatkan untuk pengoperaisn internet dengan masing masing bagian maksimal 2048 karakter 
Lookup Wizard
Mendefinisikan field lookup wizard pada field yang berisi salah satu dari dua daftar yang memudahkan pemasukan data. 
Field Properties
Properties digunakan untuk menentukan hal-hal yang dimiliki oleh sebuah field, langkah ini juga dapat diabaikan, yang berarti anda menggunakan default dari propertis ini. Beberapa komponen dalam properties yang dapat digunakan adalah:
Properties  Fungsi
Field Size  Menentukan panjang maksimum untuk data yang dimasukkan pada file text dan number dengan batas maksimum 255 karakter dan default adalah 50 karakter
Format  Menentukan cara akses menampilkan dan mencetak data seperti menampilkan keterangan tanggal, waktu dalam bentuk angka atau huruf
Input  Menentukan tampilan field pada saat menampilkan data, missal memasukkan nomor rekening bank, memasukkan nomor rekening telepon atau kode pos
Caption  Menempatkan kembali nama field pada kolom judul, form dan report
Default Value  Memasukkan nilai secara otomatis pada setiap record yang baru 
Validitas Rule  Memerikasa data yang dimasukkan pada field tertentu untuk mencegah masuknya data yangtidak sah
Validitas Text  Menampilkan pesan jika data yang dimasukkan tidak sesuai dengan criteria dalam property validitas rule 
Require  Jika “YES” nilai pada suatu field tidak boleh kosong. Defaultnya adalah NO
Allow Zero Length  Mendefinisikan nilai Blank (“  “) yang membedakan dengan nilai null
Indexed  Jika YES membuat index pada field ini. Defaultnya adalah NO